dunia kecil kita

suatu sore di pojokan kota, tersebutlah 6 org wanita ( noni,henny,loni,zai,Juli,erika ). 6 org wanita dgn beribu karakter yg berjanji untuk tetap bertukar kabar, bertukar cerita lewat blog ini. 6 orang perempuan yg akan pergi atau stay. 6 orang perempuan yg suatu hari nanti akan memberikan blog ini ke anak cucunya cerita lengkap tentang mereka. sahabat adalah rumah kita

Friday, January 05, 2007

just info

Dear gals...

fyi aja nih..
pls diingat nanti malam saya ke jkt dgn air asia penerbangan malam
begitu jg hari minggu malam saya harus naik air asia dari jkt kembali ke
sby
pada waktu malam juga.

NOnie { flying phobia }

Umur Pesawat

Tue Jan 2, 2007 2:30 am (PST)

Seorang ekspatriat yang tinggal di Jakarta menulis artikel ini. FYI.

Mr. X-File Fear Factor

Flying in Indonesia _ D A N G E R !

Pada waktu saya kembali dari liburan di Bali , saya menggunakan Adam Air
rute Denpasar - Jakarta, saya mendengar maskapai yang relatif baru ini dari
beberapa teman, yang menyebutkan bahwa maskapai ini mempunyai
pesawat-pesawat yang relatif baru dan diijinkan terbang ke Singapura.
Kedengarannya maskapai ini sangatlah bagus, khususnya jika menyangkut
masalah tiket sekali jalan yang hanya Rp. 295.00,- yang sedikit lebih mahal
dari penerbangan "metro-mini" Lion Air. Penawaran ini sangat bagus,
berdasarkan pengalaman saya tinggal beberapa tahun di Indonesia. Tapi
kemudian saya mulai berfikir bahwa ini terlalu bagus dan pasti ada yang
salah dengan semua ini.

Waktu naik pesawat Adam Air, saya segera melihat bahwa Boeing 737-400
tersebut, engine cover-nya penuh dengan goresan (scratch), sayapnya sangat
kotor dan banyak cat-nya yang cacat, pintunya juga terlihat sangat tua dan
sangat jauh dari ekpektasi saya akan pesawat baru. Bagaimanapun, saya tetap
memutuskan untuk menguji level keberanian saya untuk tetap terbang dan
masuk ke pesawat. Sebagai catatan, saya mencatat kode registrasi pesawat
PK-KKI (lihat Table Adam Air di bawah).

Sesampainya di Jakarta, saya mencari kode tersebut di database penerbangan
dan "Pesawat Baru" tersebut pertama kali terbang pada 10 Desember 1988,
yang artinya umurnya sudah 17 tahun, dan kalau dibandingkan dengan umur
manusia, berarti usianya menjelang 50 tahun. Dalam catatannya juga
disebutkan bahwa pesawat ini mempunyai jam terbang yang tinggi, dimana
sebelumnya digunakan oleh Sahara India Airlines, Sierra National Airline
dan Air Belgium (pemilik pertama). Sungguh merupakan catatan yang menarik
untuk sebuah pesawat. Sekarang pertanyaannya adalah apakah saya yang kurang
beruntung sehingga mendapatkan satu-satunya pesawat tua di Adam Air, atau
apakah semua pesawatnya memang tidak sebaru seperti yang saya harapkan?

Mengikuti rasa keingintahuan saya, coba lihat Tabel Pesawat Adam Air
berikut dibawah ini yang menyajikan informasi umur dari masing-masing
pesawat :

> No > Registrasi > Penerbangan Pertama > Umur

> 1 > PK-KKF 737-200 > 12-02-1980 > 26 thn

> 2 > PK-KKN 737-200 > 21-03-1980 > 25

> 3 > PK-KKQ 737-200 > 16-01-1981 > 25

> 4 > PK-KKJ 737-200 > 03-02-1982 > 24

> 5 > PK-KKL 737-200 > 12-04-1984 > 21

> 6 > PK-KKE 737-300 > 31-08-1987 > 18

> 7 > PK-KKP 737-200 > 31-05-1988 > 17

> 8 > PK-KKH 737-400 > 11-07-1988 > 17

> 9 > PK-KKU 737-300 > 04-08-1988 > 17

> 10 > PK-KKI 737-400 > 10-12-1988 > 17

> 12 > PK-KKD 737-400 > 22-12-1988 > 17

> 13 > PK-KKR 737-300 > 09-01-1989 > 17

> 14 > PK-KKS 737-400 > 28-01-1989 > 17

> 15 > PK-KKT 737-400 > 05-09-1989 > 16

> 16 > PK-KKG 737-400 > 07-01-1991 > 15

> 17 > PK-KKC 737-400 > 09-01-1992 > 14

> 18 > PK-KKA 737-500 > 10-06-1997 > 08

( Hanya satu pesawat yang agak aman (umur 8 thn) ? Bagaimana dengan yang
lain? )

Melihat tabel tersebut, saya benar-benar beruntung, dimana pesawat berumur
17 tahun yang saya tumpangi termasuk yang "baru" dibandingkan dengan
pesawat Adam Air lain dengan kode regirtrasi PK-KKN (KKN adalah singkatan
paling popular di Indonesia untuk Korupsi-Kolusi- Nepotisme) , yang umurnya
25 tahun. Dibandingkan dengan usia manusia, pesawat ini sama dengan manusia
berumur hamper 80 tahun dan mungkin sudah memesan tempat di kuburan.

Berdasarkan tabel di atas, kita bisa menghitung umur rata-rata pesawat
Adam Air, yaitu 18 tahun. Sebenarnya, hanya ada satu pesawat yang umurnya
kurang dari 10 tahun, dan jika saya tidak salah, ini pasti pesawat yang
diijinkan mendarat di Singapura.

Jelas, banyak penumpang memilih Adam Air karena berfikir tentang pesawat
yang baru, padahal armada sebenarnya dipenuhi oleh pesawat polesan seperti
baru (refurbished) dengan hanya satu pesawat yang relatif baru, yang
digunakan tim marketing Adam Air untuk menciptakan image, atau lebih tepat
khayalan, tentang terbang dengan pesawat baru. Mungkin definisi Adam Air
tentang pesawat "baru" adalah definisi untuk penerbangan lokal Indonesia,
dan mungkin persepsi saya lah yang salah.

Untuk memverifikasi hal tersebut, saya membandingkan umur rata-rata
pesawat dari beberapa perusahaan penerbangan di Indonesia, dan inilah
Statistik Umur Pesawat Penumpang di Indonesia :

> Garuda Indonesia ???????..Umur 10.0 tahun

> Lion Air Umur 17.3 tahun

> Adam Air Umur 18.1 tahun

> Awair Umur 18.8 tahun

> Merpati .. Umur 21.6 tahun

> Batavia . Umur 23.4 tahun

> Sriwijaya Air Umur 23.5 tahun

> Mandala Airlines . Umur 23.9 tahun

> Bouraq Indonesia Airlines ? Umur 25.1 tahun

Mengejutkan ! Dengan armada berumur 18 tahun, Adam Air menempati urutan
ketiga dari armada dengan pesawat "terbaru" di Indonesia. Garuda Indonesia
memimpin dengan armada berumur 10 tahun.

Hal lain yang sangat mengejutkan adalah Lion Air menempati urutan kedua
dengan armada sedikit lebih muda, yaitu 17 tahun?? Itu hampir setengah kali
lebih tua dari armada Garuda Indonesia.

Urutan terakhir ditempati oleh Bouraq Indonesian Airlines, dengan umur
pesawat 25 tahun, yang memberikan saya ide tentang Fear Factor stunt-man
"Terbang bersama Bouraq" untuk trial & error penyakit ketakutan terbang
(flying phobia).

Mandala Airlines menempati urutan kedua dari terakhir. Melihat hal ini,
saya teringat dengan kecelakaan pesawat Mandala Boeing 737-200 pada 5
September 2005 yang menelan korban hampir 150 orang. Pada saat kejadian,
pesawat PK-RIM tersebut berumur 24 tahun.

Sebagai pembanding, pesawat Lion Air McDonell-Douglas MD-82 yang mengalami
kecelakaan di Airport Solo pada 30 November 2004 dan menelan korban 25
orang, berumur 20 tahun. Pada laporan terakhirnya, jam terbang pesawat
tersebut 56,674 jam dan telah melakukan pendaratan 43,940 kali !

Saya pikir bukanlah suatu kebetulan kalo pesawat-pesawat yang mengalami
kecelakaan berumur paling tidak 20 tahun. Sebagai pembanding, saya mengecek
umur rata-rata pesawat dari maskapai-maskapai pemilik sebelumnya pesawat
Adam Air PK-KKI yang saya tumpangi.

> Blue Panorama Airlines??????. Umur 11.6 tahun

> Sahara India Airlines ?.?.Umur 10.5 tahun

Sangat menarik ternyata, 11.6 tahun dan 10.5 tahun, yang membuktikan bahwa
kedua maskapai di atas merasa bahwa pesawat tersebut terlalu tua untuk
beroperasi, sementara manajemen penerbangan Indonesia berpikir bahwa
mengoperasikan pesawat berumur 17 tahun keatas adalah benar-benar tidak
bermasalah ! SNOBBISH ! But FOOLISH ?